Glitter

Shadow Word generated at Pimp-My-Profile.com

Jumat, 18 Februari 2011

DIATOMIC - SMASA JAYA!

Surabaya, 18 Februari 2011





Di bumi Wijaya Kusuma
SMA Negeri 1
Membina putra-putri bangsa
Cerdas dan bersikap mulia
......................................

Itu adalah sepenggal bait dari MARS SMAN 1 Surabaya. Dimana semua siswa baru yang mengikuti MOS (Masa Orientasi Siswa) wajib hafal lagu tersebut. Sejak awal diperkenalkannya MARS SMAN 1 Surabaya, secara tidak langsung senior mengajarkan pada adik-adiknya yang baru ini untuk cinta pada almamater sekolahnya.


SMAN 1 Surabaya, salah satu SMA komplek yang ada di Surabaya pusat. Selain SMAN 5, 2 dan 9. Disinilah awal kali aku mengenal mereka semua. Dibandingkan SMAN 5,2, dan 9 mungkin SMAN 1 tak lebih besar dari ketiga SMAN yang saya sebutkan. SMAN 1 Surabaya memiliki 18 kelas, 6 kelas X, 6 kelas XI dan 6 kelas XII dengan rincian sebagai berikut: Kelas X terdiri dari Kelas X A-F, lalu kelas XI dan XII terdiri dari XI, XII IPA 1-5 dan XI,XII Sos. Sekolah ini juga memiliki 1 perpustakaan, 1 lab komputer dan bahasa inggris, lab. kimia, fisika, biologi, 1 mushola, 1 ruang guru, akademik dan 2 kamar mandi (wohoho ternyata masih inget juga), tapi nama guru-gurunya udah lupa (maaf ya pak,bu).

Disinilah aku mulai mengenal apa itu persahabatan, kesetiakawanan, kekompakan, berawal dari sini, di sekolah ini. Setelah masa orientasi berakhir, penempatan siswa di kelas-kelas pun segera diumumkan. Awal kali aku ditempatkan di kelas X-C atau X-3. Awal kali kenal, kelas ini belum tampak keramaian dan kekompakannya. Namun, setelah hampir 1 tahun bersama, barulah muncul kekompakan itu. Yah, sepertinya sudah biasa hal itu terjadi. Rasa kebersamaan muncul, ketika kami semua harus dipisah dan dibaur dengan siswa-siswa yang lain. Akhirnya kami pun di pencar saat naik ke kelas XI.


Saat di kelas XI, aku kebetulan masuk di kelas XI-IPA3 yang kami sebut dengan DIATOMIC, yang merupakan salah satu nama senyawa di kimia. Aku lupa siapa yang pertama kali mengusulkan ide tersebut. Yang aku ingat hanya karena menurut gosip (seingetku sih) kelas kami itu dianggap kelas tempat anak pinter-pinter (bukan GR, tapi fakta,hahaha..).

Kenapa kok bisa gitu? Ya jelas aja. Di kelas IPA3 atau DIATOMIC ini ngumpul para orang pinter. Contohnya: Dimas atau bayek (mantan axel SMPN 1 Surabaya), Erma (Profesor kimia and Matematika), Mafa (sang kutu buku yg mesti peringkat 1 pas kelas X), Rama (peringkat 1 terus pas kelas X). Hmmm...sapa lagi ya? (wah, agak-agak lupa). Disini juga ada modelnya JTV, namanya Dewi Kartika Yuda atau biasa dipanggil KY. Terus ada anak band Ilham nurherdiawan sama ada penggemarnya Eross SO7 sampe ngaku-ngaku kalo dia Eross padahal nama aslinya Rizal Nandy Pradipta. Terus ada si jangkung yang paling tinggi di kelas, tapi gak setinggi Yao Ming sih, namanya Aditya Yudha Utama, tapi dipanggil Bendoyo sama anak-anak, gatau nama asalnya darimana. Kalo ada yang tinggi, ada juga yang kecil, biasanya dipanggil 'adek', namanya Dennyz Azza Satriya.


Terus ada Diaz, bayu, nunik, maya, ine, diva, Lita, amedea, tyas, pipit, agung, deka, aswin/gareng, fabio, satrio atau telor (gatau darimana asalnya) keponakannya pak fisika (aduh lupa namanya. maaf ya pak), rida, putri, cece, melati, trihapsari, Om Rahmat, tuffah/bu RT, ucup, septian/macan, ratih, lowthink (wah lupa nama aslinya.maaf), kanti, ratna, eko. Hmm...kayaknya udah tak sebutin semua (hehehe....). Itulah DIATOMIC. 

Kebetulan hingga kelas XII, kami tetap menjadi satu kelas dan satu keluarga. Keluarga DIATOMIK, bahkan hingga sekarang. DIATOMIK-SMASA bagiku mengajarkan banyak hal dan pengalaman. Banyak kenangan, sedih, senang, dan banyak lagi, tak bisa diungkapkan. Memang benar, bila banyak orang mengatakan ''masa SMA adalah masa yang paling indah'' dan tak pernah dapat dilupakan. Hal itu terbukti benar. Hingga kini pun, keluarga DIATOMIK-SMASA masih menjadi keluarga dan masih menjalin hubungan baik. Meski anggota keluarganya terpencar-pencar, ada yang di UNAIR, UNIBRAW, ITS, UNESA, UNEJ, STT-TELKOM bahkan ada yang di Ambon (Lita baik-baik ya disana dan jadi dokter yang baik nanti. Amien).

Yah, sampai kapan pun kita tetap akan menjadi keluarga. Saat ada kawan kita susah, sedang sakit, kita masih mau meluangkan waktu untuk manjenguk (KY, cepet sembuh ya..). Sampai kapan pun persahabatan kita takkan pernah layu seperti bunga yang pasti kan layu. HIDUP DIATOMIC-SMASA JAYA!

Gara-gara buka blog salah satu temen SMA, kemudian ada link ''komunitas blogger SMASA'', akhirnya aku kembali diingatkan dengan memori masa lalu yang sempat hilang dari otakku akibat kesibukan kuliah dan kegiatan kampus, kebetulan juga aku kuliah di luar kota sehingga jarang datang apabila ada acara kumpul bareng. Hingga akhirnya agar aku tidak lupa lagi, kuputuskan untuk menulisnya di salah satu kisah di blogku agar kenangan ini terus terekam dalam otakku. DIATOMIC-SMASA (2005-2008).


Tidak ada komentar:

Posting Komentar